Lab dan Fasilitas Akademik

LAB DAN FASILITAS AKADEMIK

LAB MOTION GAIT ANALYSIS

Lab motion gait analysis adalah laboratorium tempat pemeriksaan gait. Pemeriksaan gait adalah suatu pemeriksaan yang mempelajari pola jalan untuk keperluan diagnosis dan terapi. Tujuan adanya pemeriksaan gait adalah untuk memberikan pelayanan medik bagi pasien baik rawat jalan maupun rawat inap dengan pelayanan spesialistik sesuai dengan falsafah, tujuan, dan misi SMF/Instalasi Rehabilitasi Medik

LAB EMG

Lab EMG sebagai tempat pelayanan pemeriksaan EMG. Pemeriksaan EMG/ENMG adalah pemeriksaan yang sangat berguna untuk diagnosis kelainan neuromuskuler atau kelainan susunan saraf tepi. 

Pemeriksaan ENMG terbagi menjadi 2 yaitu :

  1. Pemeriksaan Kecepatan Hantar Saraf (KHS) dikerjakan untuk melihat respon motor maupun sensor dari saraf perifer
  2. Pemeriksaan EMG jarum dilakukan untuk menilai aktifitas listrik di dalam otot yang diperiksa

Lab Biofeedback

Lab biofeedback digunakan oleh staf dokter dan peserta PPDS I untuk memberikan pelayanan biofeedback kepada pasien. Metode biofeedback digunakan untuk memantau kejadian di dalam tubuh dengan bantuan alat yang ditransformasikan ke dalam sinyal audio visual agar lebih mudah diamati. Pada bidang Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi metode ini dapat digunakan untuk inkontinensia urin, inkontinensia alvi, retensio urin, retensio alvi, LBP, Scoliosis, OA, Disfagia, Disfonia dan sebagainya

Ruangan Speech Therapy

Speech therapy/terapi wicara adalah salah satu bagian modalitas terapi dalam ruang lingkup kedokteran fisik dan rehabilitasi. Terapi wicara memberikan pelayanan untuk pasien dengan gangguan bicara seperti speech delay atau afasia, dan juga untuk pasien dengan gangguan oromotor lainnya.

Ruangan Terapi Okupasi

Terapi wicara/occupational therapy adalah salah satu bagian modalitas terapi dalam ruang lingkup kedokteran fisik dan rehabilitasi. Terapi wicara memberikan pelayanan dengan membantu pasien dengan penurunan fungsi untuk melakukan aktivitas sehari-hari (activity daily living-ADL).

Gymnasium

Gymnasium adalah fasilitas yang dimiliki departemen kedokteran fisik dan rehabilitasi yang berfungsi sebagai tempat pemberian exercise therapy atau terapi latihan.

USG Muskuloskeletal

USG Muskuloskeletal adalah alat yang dapat digunakan untuk tujuan diagnosis maupun terapi pada kasus muskuloskeletal. Di Departemen/Prodi PPDS I IKFR baik staf dosen maupun peserta didik memanfaatkan fasilitas alat USG Muskuloskeletal untuk diagnosis dan terapi antara lain :

Diagnosis 

  • Melakukan evaluasi terhadap struktur jaringan lunak (otot, tendon, ligamen, bursa, meniskus).
  • Kelainan yang dapat terjadi (robekan, penebalan, inflamasi)
  • Menilai adanya massa, pembengkakan atau penimbunan cairan di dalam jaringan lunak
  • Menilai adanya inflamasi pada sendi dan sinovial, perubahan tulang dan tulang rawan pada peradangan sendi (arthritis)
  • Mendeteksi adanya benda asing pada jaringan lunak tubuh

Terapi 

  • Menjadi panduan dalam melakukan tindakan artrosentesis ataupun injeksi intra atau ekstra artikuler
  • Membantu (USG guided) tindakan artrosintesis maupun injeksi

Modalitas Terapi

Transcutaneous Electrical Neuro Stimulation

ultrasound diathermy

microwave diathermy

infra red

Static Cycle Ergometer

Shockwave diathermy