Kegiatan Akademik

KEGIATAN AKADEMIK

Modul

Kegiatan Modul/perkuliahan modul diberikan oleh dosen kepada peserta PPDS I untuk membekali mereka dengan teori sesuai mata kuliah yang ada pada Struktur Kurikulum. Bentuk perkuliahan modul dapat berupa pemberian materi satu arah, presentasi interaktif, dan diskusi. Setiap peserta PPDS I wajib mengikuti acara modul sesuai jadwal masing-masing. Setelah pembekalan modul dilakukan Post Test untuk mengevaluasi dan menguji pemahaman peserta PPDS I terhadap materi yang telah diberikan. Dosen juga dapat menguji pemahaman peserta PPDS I dengan pemberian tugas.

Morning Report

Morning report adalah suatu pertemuan berkala (setiap pagi) untuk membahas pasien-pasien rawat jalan dan rawat inap IRM. Tujuan morning report yaitu sebagai kendali mutu agar dapat memberikan pelayanan medik sesuai dengan falsafah, tujuan, misi dan SOP SMF/Instalasi Rehabilitasi Medik. Kegiatan morning report dosen dan peserta PPDS I terkoordinasi dengan pelayanan di RSUD Dr. Soetomo sehingga mengandung unsur pendidikan, pelayanan dan penelitian. Kegiatan morning report dilaksanakan setiap pagi pada hari senin, rabu sd jum’at

Chart Round

Chart Round merupakan kegiatan diskusi kasus berkaitan dengan kegiatan pelayanan di rumah sakit yang dilakukan seminggu sekali yaitu pada hari selasa. Peserta kegiatan ini ialah seluruh staf sesuai divisi, peserta PPDS I, dan tenaga medis fisioterapi.

Presentasi Ilmiah

Presentasi Ilmiah merupakan kegiatan presentasi tugas ilmiah oleh Peserta PPDS I. Tugas ilmiah yang dipaparkan yaitu kasus panjang, telaah jurnal, dan tinjauan kepustakaan. Presentasi Ilmiah dilakukan setiap hari pukul 13.00 WIB di Ruang Pertemuan I Instalasi Rehabilitasi Medik. Presentasi Ilmiah dihadiri oleh Peserta PPDS, staf pembimbing, dan staf penilai. Setiap peserta khususnya penanya wajib dapat memberikan pertanyaan atau masukan mengenai tugas ilmiah yang dipresentasikan. 

Rotasi Dalam dan Rotasi Luar

Kegiatan Rotasi merupakan kegiatan pengiriman peserta PPDS I untuk melaksanakan tugas pelayanan ke bagian atau unit yang ada di Instalasi Rehabilitasi Medik maupun di luar Instalasi Rehabilitasi Medik.

Paket Rotasi Dalam Instalansi Rehabilitasi Medik RSUD Dr. Soetomo meliputi :

  1. Rotasi di Laboratorium EMG NCV, Cybex, USG/Gait Analysis dan Biofeedback
  2. Rotasi Gymnasium, Modalitas, Terapi Wicara, Terapi Okupasi dan Ortotik Prostetik
  3. Rotasi Poliklinik
  4. Rotasi Poli Geriatri

Sedangkan paket Rotasi Luar dilakukan dengan pengiriman peserta PPDS I ke :

  1. Bag/Lab Radiologi
  2. Bag/Lab Penyakit Jantung
  3. Bag/Lab Penyakit Dalam
  4. Bag/Lab Penyakit Saraf
  5. Bag/Lab Ortopedi Traumatologi
  6. Bag/Lab Bedah Saraf
  7. Bag/Lab Ilmu Kesehatan Anak
  8. Bag/Lab Anastesi
  9. Bag/Lab Paliatif dan Bebas Nyeri

 

 

 

Rotasi RS Jejaring

Rotasi Rumah Sakit Jejaring merupakan pengiriman peserta PPDS I untuk tugas pelayanan di Rumah Sakit Jejaring yang telah bekerjasama dengan RSUD Dr. Soetomo. RS jejaring yang bekerja sama dengan RSUD Dr. Soetomo ialah RSU Haji (untuk semester 3) dan RS Universitas Airlangga (untuk semester 2)

Rotasi Daerah

Rotasi Daerah ialah pengiriman peserta PPDS I untuk melakukan tugas pelayanan ke daerah sesuai daerah tugas belajar (tubel) masing-masing. Rotasi Daerah hanya dilaksanakan oleh peserta PPDS I dari jalur Kemenkes/Depkes semester 7.

Student and Staff Outbond

Student and Staff Outbond ialah kegiatan pengiriman staf pengajar dan peserta PPDS I ke Departemen Rehabilitasi Medik Hiroshima University Hospital Jepang. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta didik maupun pengajar untuk menambah keterampilan dan kompetensi di Bidang Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi